KARENA KAMU INDONESIA!!


10614_243762305747245_1059635160_nSatu hari yang lalu, ada sebuah film yang bikin trenyuh, film yang bertajuk pendidikan dan keluarga ini tayang di layar lebar bulan juni 2011 yaitu “serdadu kumbang”, walaupun baru menyaksikan film itu namun saya rasa film itu ketika ditonton tahun 2030 tidak akan pernah bosan, karena dari setiap scene penuh nilai nilai yang patut kita resapi. Film produksi Alenia Fictures mengingatkan kita sebuah masa kecil yang beragam pengalaman dan memaksa kita untuk merecall memory panjang.

Namun maksud saya menulis note ini, akan saya awali dengan sebuah pertanyaan, posisi kita sekarang sebagai seorang mahasiswa dan apa yang sepetutnya dilakukan oleh seorang mahasiswa melihat kondisi pendidikan pada waktu itu? Mungkin di era ini masih ada yang seperti itu. Kawan pendidikan yang kita bicarakan di sini ialah suatu hal yang melingkupi proses belajar dan mengajar. Pendidikan juga merupakan sebuah ujung tombak pembangunan sumber daya manusia. Proses belajar dan mengajar yang dijalani oleh para pelajar dan dengan simultan akan menambah nilai dan kualitas diri pelajar dan guru. mengapa kita harus mendapatkan hak untuk mengakses pendidikan yang layak?. Hal ini dikarenakan memang cita-cita bangsa Indonesia yang sesuai UUD 1945, mencerdaskan kehidupan bangsa. Goal sudah terlihat, namun bagaimana prosesnya?. Kita sepakat menggunakan pendidikan yang akademis sebagai cara utama untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Terlepas dari masalah aksesibilitas dan transparansi yang melanda pendidikan.

Note ini tidak ada sangkut pautnya dengan pemerintah bahkan mengucapkan supah serapah akan sistem pendidikan yang sekarang, tapi patut kita sadari kawan, dari film tersebut, kita bisa melihat sosok 3 anak dan saya kagum dengan tokoh Amek yang diperankan bersama dua sahabatnya Umbe dan Acan. Para bocah ini memiliki semangat juang yang tinggi dalam meraih cita-citanya kendati dalam kondisi hidup yang serba kekurangan, kondisi pengajaran yang serba minim, sarana prasarana. Kita patut mencontoh mereka sembari kita terus memberikan terbaik dan semampu kita untuk turut ikut andil dalam proses perubahan ini. Mingisi pos pos pendidikan informal, bakti sosial, memberdayakan masyarakat. Dan Simpelnya, kalau kita berharap Indonesia disiplin, berarti kita yang harus disiplin. Begitupun dengan kejujuran, antikorupsi, kemandirian, dan lainnya. Karena kamu adalah Indonesia!

Terkadang kita harus mengenggam tangan kita sendiri untuk meyakinkan bahwa diri kita itu kuat. Terkadang kita juga harus melepas rang lain agar kita kembali bangkit. Namun kita tak akan pernaj bisa melepas alloh untuk membuktikan bahwa kita mampu. Ada jalan yang tak pernak kita pikirkan dan ada kekuatan yang tak pernah kita bayangkan. Selalu ada perubahan untuk lebih baik dalam setiap pembelajaran. Salam perubahan ! lakukan apa yang bisa kita lakukan, untuk diri kita, dan untuk bangsa kita, bangsa indonesia  yang lebih baik! Hidup mahasiswa!

Muhammad Azami Ramadhan – kepala departemen sosial politik KAMMI UMM RAYA

Sumber :
malihat sebuah picture dan film 

About KAMMI UMM Raya

By Dept. Humas

Posted on 9 Oktober 2012, in Catatan "KAMMI UMM", Kolom Kader. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: